10 Perguruan Tinggi Terbaik di Bandung

Hallo Everyone!… berikut ini saya akan mencoba menyebutkan perguruan tinggi terbaik di Kota Kembang atau Kota Bandung, penilaian ini berdasarkan riset di Webometrics Dunia dan hasil riset dari pengalaman sendiri selama tinggal di Kota Bandung, ada beberapa kriteria yang saya nilai, yaitu : 1. Nama Besar, 2. Kesulitan Tes Masuk 3. Fasilitas Gedung 4. Pengajaran 5. Lulusan 6. Prestasi dan yang terakhir Pergaulan. Penilaian ini digolongkan untuk universitas, institut, politeknik, sekolah tinggi atau pun sekolah negara. Oke Check this Out!
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB jelas sudah punya nama besar, PTN nomer 1 Indonesia versi 4icu ini berhasil menduduki peringkat 2 Asean, peringkat 15 Asia dan Peringkat 568 Dunia versi Webometrics, jadi sudah bisa dibayangkan bagaimana besarnya nama kampus ini. Ujian masuk kampus ini pun seperti harga mati, karena memang tidak sembarangan yang bisa menduduki 3000 kursi setiap tahunnya lewat jalur SNPMTN dan SBMPTN. 

Fasilitas Gedung, ITB memang kokoh dan klasik, sejak dibangun pada tahun 1920 ITB masih berdiri kokoh nan elok. Dengan pohon rindang dan bangunan klasik, lingkungan ITB jadi daya tarik sendiri untuk semangat belajar. Pengajaran di ITB digawangi oleh para profesor ulung di bidang teknologi, mereka adalah praktisi-praktisi handal yang selama ini membangun indonesia lewat teknologi.

Belum lagi lulusannya, yang terbilang sangat brilian, sebut saja mantan Presiden Ir. Soekarno yang lulus dari ITB dengan gelar insinyur teknik. Belum lagi ada BJ Habibie mantan Presiden kita dan masih banyak lagi.

Prestasi ITB juga tidak usah ditanya lagi, berbagai prestasi didunia dan indonesia sudah berhasil dikumpulkan. dan yang uniknya ITB sekarang adalah pusat pergaulan di Bandung, karena banyak tempat nongkrong yang asik disana, ITB juga terkenal dengan masjid Salman, yang menjadi masjidnya para mahasiswa Bandung berkumpul. Semoga bisa jadi pilihan untuk kuliah disini, bangga juga kan kalau kalian bisa jadi Soekarno Muda. visit : www.itb.ac.id


2. Universitas Padjajaran


Universitas Padjajaran atau Unpad, yap kampus yang terkenal sebagai kampus gaulnya anak Bandung ini menempati peringkat terbaik ke 7 di Indonesia versi 4icu,  peringkat 264 Asia dan peringkat 1036 Dunia versi webometrics. Unpad memiliki 2 kampus yang terletak di jalan dipatiukur bandung dan di kawasan Jatinangor Sumedang, Unpad memiliki banyak jurusan dibidang teknik, sastra, ekonomi, hukum, pertanian dan kesehatan dengan kualitas yang baik.

Untuk seleksi di Unpad sendiri kalian harus bersaing dengan ribuan pelajar yang meminati universitas yang terkenal dengan ilmu IPSnya terbaik di Indonesia ini. Alias bagi kalian yang minat masuk fakultas, komunikasi, hukum, bisnis, manajemen disinilah tempatnya, kedokterannya pun lumayan bersaing dengan universitas indonesia.

Lulusannya sudah banyak melanglangbuana di negeri ini, sebut saja Agum Gumilar, Elza Syarif, Megawati Soekarno Putri, MS Hidayat, Yovie Widianto dan masih banyak lagi. Hal ini membuktikan Unpad memiliki lulusan yang banyak berkarier di dunia non teknik, dan mereka sukses pada bidangnya masing-masing.

Lokasi kuliahnya asik banget, karena terletak di Dipatiukur yang merupakan kawasan pusat mahasiswa di Bandung, dan dekat dengan tempat-tempat pusat rekreasi, pemerintahan, study di Bandung. visit. www.unpad.ac.id

3. Universitas Pendidikan Indonesia




Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI merupakan kampusnya para calon pendidik di Indonesia, kampus terbaik dibidang sumber daya ilmu pendidikan ini menempati peringkat 17 terbaik di Indonesia menurut 4icu, peringkat 264 Asia, dan 1622 Dunia versi webometrics 2014. 

Kampus ini memiliki fasilitas yang luar biasa lengkap dibidang pengajaran pendidikan seperti lapangan bola, kolam renang, labolatorium dan kebutuhan pengajaran lainnya, fakultas yang ada di UPI antara lain fakultas ilmu pendidikan, pendidikan ilmu pengetahuan sosial, Pendidikan Bahasa dan Seni, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Semua fakultas ini mendidik para calon pengajar yang akan memiliki kompetisi terbaik di bidangnya masing-masing.

Untuk masuk ke UPI lumayan susah juga seperti kebanyakan PTN lainnya, namun yang harus kalian pahami adalah kalian akan bersaing dengan para calon mahasiswa yang memiliki minat yang sama sebagai tenaga pendidik yang handal nantinya, jadi kualifikasi kalian harus kuat sama hafalan dan teori tentang disiplin ilmu yang kalian minati.

UPI terletak di daerah Setiabudhi Bandung, dekat dengan Daarut Tauhid, tempatnya di Bandung utara yang merupakan kawasan dingin untuk dihuni, banyak tempat hangout yang asik karena merupakan wilayah pariwisata Bandung. visit: www.upi.ac.id

4. Telkom University


Telkom University baru saja diresmikan, sebelumnya merupakan gabungan dari Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom, STISI Telkom dan PDC Telkom, yang kesemuanya merupakan institusi perguruan tinggi dibawah Yayasan Pendidikan Telkom PT. Telkomunikasi Indonesia. Sebelumnya perguruan tinggi ini bernama STT Telkom yang memiliki sejarah panjang ditahun 1990 sebagai sekolah teknik terbaik yang dibawahi langsung PT. Telkom.

Kini Telkom University menjadi kekuatan baru didunia perguruan tinggi yang mengusung 3 elemen yaitu Teknologi, Manajemen dan Seni, fokus kampus ini sama seperti ITB yang memiliki 3 elemen dalam fakultasnya. Telkom University kini menempati peringkat 29 terbaik di Indonesia menurut 4icu, 2860 se-Asia dan 8463 se-Dunia. Peringkat ini akan terus membaik mengingat Telkom University baru saja menggabungkan semua Sekolahnya menjadi lingkup universitas.

Sesuai dengan namanya, kampus ini sangat fokus sekali terhadap dunia telekomunikasi, karena langsung di bawahi oleh PT. Telkom yang merupakan perusahaan BUMN terkemuka bidang Telkomunikasi di Indonesia. Sehingga profil lulusannya banyak yang bekerja di provider-provider telepon seluler nasional maupun internasional dan juga memiliki bisnis dibidang Telkomunikasi dan informatika. Tak hanya itu prestasinya pun tak kalah dengan kampus teknologi lain, terbukti telah menjuarai kejuaraan robotik dan karya teknologi tingkat dunia.

Untuk masuk ke kampus yang terletak di terusan buah batu dayeuh kolot bandung ini, kalian bisa melalui banyak jalur penerimaan, kalian bisa mengikuti jalur PMDK, tes tulis, undangan daerah, jalur mandiri dan jalur prestasi, semua itu dapat diikuti melalui SMBB Telkom. visit: telkomuniversity.ac.id

5. Universitas Komputer Indonesia



Dari depan memang tampak tidak ada yang istimewa dari gedung UNIKOM di jalan Dipatiukur Bandung, kampus Universitas Komputer memang sesuai dengan namanya, yap kampus ini adalah kampus yang memfokuskan mahasiswanya memperdalam ilmu komputer saja. Prestasinya? jangan di tanya, berkali-kali menjadi juara dunia dibidang komputer dan robotika, dan mewakili Indonesia dalam ajang internasional di berbagai negara dan keluar sebagai pemenang.

UNIKOM menempati rangking 31 kampus terbaik di Indonesia versi 4icu, peringkat 1193 Asia, dan 3312 di Dunia. Merupakan peringkat yang luar biasa bagi sebuah universitas di Indonesia yang fokus ke ilmu komputer saja. 

UNIKOM bisa menjadi pilihan untuk kalian yang ingin fokus ke dalam ilmu komputer, disini kalian akan diajarkan bukan hanya menjadi pengguna komputer yang baik, tapi juga developer dan inovator di bidang komputer. UNIKOM terletak didaerah Dipatiukur dekat dengan Unpad, jika kalian berminat kuliah disini bisa mengikuti berbagai PMB yang diadakan oleh UNIKOM. visit : www.unikom.ac.id

6. Universitas Maranatha



7. Universitas Widiyatama

8. Universitas Katholik Parahyangan

9. Universitas Pasundan

10. Institut Teknologi Nasional

Ikhsan Ramadhan

5 thoughts on “10 Perguruan Tinggi Terbaik di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered By WordPress. A Magnetic theme by Devfloat