Buka Puasa Bersama (BUKBER) Haram!

Dibalik fenomena Bukber yang kian menjadi “Trend” masyarakat sekarang

Segala perbuatan baik belum tentu bisa menjadi baik, kadang perbuatan baik yang tadinya harus menjadi pahala malah bisa mengakibatkan dosa dan diharamkan, perkara apakah itu?? yaitu perkara berlebihan dan lalai.
Ditengah maraknya aktivitas Bukber dikalangan masyarakat yang bahkan sudah menjadi “Trend” baru sebagai life style untuk Bukber diluar, entah di kafe, kantin atau disuatu tempat, tapi tahu kan kalian kalau Bukber itu bisa saja menjadi haram jika Bukber ini menjadi ajang “Meninggalkan Ibadah Secara Berjamaah”. 

Nah ini yang bahaya, banyak orang merencanakan Bukber lebih dari dua atau tiga orang, itu pun baru satu komunitas, belum lagi satu orang memiliki banyak komunitas, contohnya: Bukber sama temen alumni SD, SMP, SMA, Kampus, Temen se-RT atau sama Pacar. Bahkan tak kalah beberapa restoran memberikan menu dan harga khusus Bukber, tapi kalian harus perhatikan Sholat Maghrib yang kebanyakan ditinggalkan saat Bukber. Contoh aja nie, Kalian dateng sebelum maghrib karena takut kehabisan tempat duduk, setelah adzan kalian langsung deh makan-makan, ngobrol, bercanda dan akhirnya tiba-tiba adzan Isya.
Kalau udah kaya gitu, boro-boro sholat Tarawih, sholat maghrib aja enggak, dan bahayanya itu dilakukan berjamaah, entah siapa yang bertanggung jawab di acara Bukber untuk menanggung dosanya hehe.. Tapi itu semua harusnya bisa disiasati dengan apik, Bisa aja kan kita sholat gantian, atau adakan sholat berjamaah dan tarawih berjamaah ketika Bukber, wahhh mantap itu. Selain mempererat tali silaturahmi, kita pun bisa ibadah berjamaah.. itu baru namanya Bukber yang bener.

So, buat kalian semua, Bukber enggak haram sebenernya, tapi kalau malah meninggalkan kewajiban cuma karena mengutamakan Makanan dan Kebersamaan itu jadi Haram, karena kalian sudah melalaikan dan meninggalkan Sholat. Selamat Bukber Temen-temen 🙂
Ahmad Ikhsan Ramadhan

Ikhsan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered By WordPress. A Magnetic theme by Devfloat