Jadilah orang besar, sebenernya apa itu orang besar?

Dari judul diatas sebenarnya sudah banyak hal yang bisa kita pertanyakan, seperti “Apa itu orang besar?”, “Apakah kita bisa jadi orang besar?”, “Bagaimana caranya menjadi orang besar?”, “Siapa yang disebut orang besar?” dan lain lain… itu semua terkadang memiliki jawaban sendiri, depand on your self. 
Apakah orang besar seperti ini :
Orang ini besar pasti menang
Kalau yang diatas ini is the real of big people, tapi kita enggak butuh orang seperti diatas untuk mengubah dunia, karena sudah pasti dia akan menang melawan anak kecil didepannya dengan sekali tikam. Tapi yang kita butuhkan adalah seorang kecil yang punya mimpi, harapan, tekad yang besar, bukan untuk dirinya, tapi untuk orang banyak. 
Terus apa hubungannya sama kita? toh kita hidupnya enak-enak aja, tidak pernah merasa  ada kekurangan yang berarti, orang tua mapan, setiap bulan dapet uang gratis, segala fasilitas dilengkapi, dari pakaian paling dalem sampe paling luar semuanya sudah disiapkan. Sampai kapan? apakah kita perlu seperti mereka dibawah ini?
Setiap hari melewati maut
Jawabannya perlu, tentunya mungkin bukan berarti harus praktis sama, tapi setidaknya pengorbanan dan semangat kita harus sama bahkan lebih besar dari mereka, mereka diatas rela melewati bahaya untuk mencapai dataran diseberang untuk sekolah, nah kita? kita berniat untuk menyeberang ke cita-cita kita seperti lulus kuliah, sekolah, dapet beasiswa, kerja, apakah kita rela menerjang bahaya? pasti jawabannya ragu-ragu.
Karena saya yakin dan saya akui, masyarakat sekarang sangat sulit keluar dari zona nyaman, zona yang setiap hari memanjakan mereka dalam daily activity. Padahal zona nyaman ini akan membuat fikiran kita tidak berkembang, stuck, dan kurang kreatif. Coba sekali-kali kita pergi ketempat yang kurang baik seperti tempat pemulungan sampah, pasti disana kita akan lihat bagaimana rasa syukur yang dirasakan para pemulung walaupun mendapat uang yang enggak seberapa, tapi kita? sehari jalan-jalan saja mungkin sebulan buat penghasilan mereka.
Dengan keluar dari zona nyaman, kita akan banyak berfikir akan sekeliling kita, termasuk berfikir tentang diri kita mau dibawa kemana, apakah tetap menjalani kegiatan rutin setiap hari, Balita-sekolah-Kuliah-lulus-kerja-nikah-punya anak-mati. Itulah siklus manusia, yang semuanya sama, trus apa yang membedakan kita dengan orang lain?? “Percuma dong Tuhan menciptakan kita kedunia cuma buat melakukan hal yang sama seperti kebanyakan orang?”.

Karena sejatinya 90% orang besar itu selalu memiliki riwayat dari bawah, tidak langsung menjadi pemimpin, dan jarang orang kaya menjadi orang besar, yang ada itu adalah orang besar lahir dari tangan-tangan orang tua yang sederhana. So, kalau kita belum juga keluar dari zona nyaman ini, siapa yang jadi orang besar nanti? yang akan merubah negara ini menjadi lebih baik?
Karena orang besar itu diciptakan bukan tercipta.

Ikhsan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered By WordPress. A Magnetic theme by Devfloat